Kamis, 01 Maret 2012

Browse: Home / / / / Umrah diminati sebagai wisata rohani

Umrah diminati sebagai wisata rohani

Wisata sambil mengasah keimanan ternyata makin digemari, para pengelola travel umrah dan haji plus meyakini paket wisata religi ini akan terus berkembang dan tak akan pernah mati. Dari tahun ke tahun terus meningkat, kata Muhammad Hasan, menjabat wakil sekretaris jenderal Himpunan Penyelengara Umrah Dan Haji (HIMPUH) kepada Republika di Jakarta pada selasa (21/2). 

Merujuk data nasional untuk jamaah yang pergi umrah pada tahun 2011, Hasan mengungkapkan, jumlahnya menembus 310 ribu jamaah. Tahun ini, ia meyakini angkanya akan meningkat. Sebelum 2011, jamaah yang pernah umrah dari Indonesia itu belum pernah mencapai 300an ribu. Ini sebuah angka yang luar biasa besar sekaligus juga menunjukkan minat yang tinggi terhadap kegiatan ini, ujarnya. Untuk wisata religi ini, Hasan mengatakan, pihaknya mengajak jamaah untuk pergi ke sejumlah kota seusai beribadah umrah di tanah suci. Kota-kota yang menjadi pilhan, di antara masjid Al Aqsa di yerusalem, Ankara dan Istanbul di turki, kairo (mesir), suriah, Qatar, maroko, hingga paket ke eropa. Bahkan untuk mengayomi tingginya minat jamaah, Hasan mengatakan, Himpuh akan menjajaki membuka wisata ke taj mahal di india pada mei nanti. Untuk jamaah dari Gaido yang mengambil paket wisata religi, kata Hasan , jumlahnya sekitar 10 persen dari total mereka yang berumrah. Untuk jamaah 2010, Gaido memberangkatkan sekitar 1.600 orang. 

Tahun berikutnya 2.200 orang. Biaya paket wisata religi ini, kata Hasan, sekitar 3.000 dolar AS atau sekitar RP 27 juta. Sedangkan untuk biaya paket umrah ke tanah suci, banderol harganya sekitar 2.000 dolar AS atau RP 18 juta. Untuk paket ini, jamaah berwisata dengan waktu antara 14-16 hari. Meski memliki potensi besar, Muhammad Rum dari Al Ahram Sarana Wisata melihat paket religi ini sejatinya mengajak jamaah untuk mengkaji secara mendalam terhadap jejak sejarah kejayaan islam. REPUBLIKA_Mohammad Akbar.

Artikel yang Berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar